Rabu, 08 Desember 2010

Filep Karma Terus Mogok Makan

JUBI --- Filep Karma, Tahanan Politik Papua (Tapol), mengaku akan terus melakukan aksi mogok makan dan minum hingga dipindahkan kembali ke Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Abepura, Kota Jayapura, Papua.

“Saya akan terus lakukan aksi mogok makan sampai dikembalikan ke Polda Papua,” ujar Karma saat dikunjungi JUBI di rutan Polda Papua, Rabu (8/12). Karma mengaku, kecewa dengan perlakuan LP yang menuding dirinya dan Buchtar sebagai dalang kericuhan di LP, Jumat (3/12) sore.

Menurtunya, seharusnya pihak LP tidak bertindak demikian. Mereka juga harus bertanggung jawab terhadap tindakan yang dilakukan. “Harusnya tidak ada tindakan seperti ini terhadap kami,” tandasnya.

Dari pantauan JUBI, walaupun Karma mogok makan dan minum namun dirinya tetap sehat. Senyum lebar dan canda tawa tetap masih ada dalam dirinya ketika disapa ditempat kunjungan Polda Papua.

Sebelumnya, kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM, Nazarudin Bunas menyatakan, Karma dan Tabuni dipindahkan ke rutan Polda Papua karena mereka otak dibalik kericuhan tersebut. Dengan demikian pantas dipindahkan dan ditahan sementara di Polda.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Abepura menyatakan, dirinya tak mengetahui soal pemindahan Buchtar Tabuni dan Filep Karma. “Saya tidak tau soal pemindahan mereka ke sana,” ujarnya kepada JUBI saat dikonfirmasi. (Musa Abubar)