Minggu, 16 Desember 2012

Siang aktivis KNPB Ditembak, malam baku tembak di Wamena

Jayapura, (16/12)—Bunyi tembakan masih terdengar hingga pukul 23.00 WIT, di Wamena. Sudah satu jam sejak baku tembak antara aparat keamanan dengan kelompok yang diduga melakukan balas dendam atas tertembaknya seorang pemimpin Komite Nasional Papua Barat (KNPB).
Seorang warga melaporkan melalui situs laporan warga tabloidjubi.com/hotspot telah terjadi baku tembak di kota Wamena sejak pukul 22.25.
“Pukul:10:25 wp terjadi penembakan antara TPN-OPM dan TNI POLRI. Tempat kejadian dari Pasar Misi sampai di Sinakma, Jln. Yosudarso sekitarnya. Saat ini situasi kota Wamena tidak aman mohon dukungan dan pantau.” demikian laporan warga di situs tersebut, Minggu (16/12) malam, sekitar pukul 23.00 WIT.
Saat dihubungi, pelapor yang adalah warga Wamena bernama Jason ini kembali membenarkan adanya baku tembak itu. Bahkan ia mengatakan baku tembak masih terus berlangsung. Menurut Jason, itu baku tembak antara TNI/Polri dengan kelompok TPN/OPM yang diduga melakukan balas dendam atas tertembaknya Hubertus Mabel, pengurus Komisariat Militan KNPB Pusat di Wamena siang tadi pukul 12.00.
Dari informasi yang dikumpulkan tabloidjubi.com diketahui bahwa sehari sebelumnya, Sabtu (15/12) aparat keamanan telah menangkap Ketua KNPB Simion Daby, Meky Wallo Kogoya serta Imma Mabel. Ketiganya ditangkap di rumah Meky W.Kogoya, di kampung Kulagima, Kec. Huby Kosi atas dugaan pelaku pengeboman di Wamena beberapa waktu lalu serta pelaku penyerangan Polsek Pirime.
Vita, warga Wamena lainnya yang dihubungi tabloidjubi.com mengatakan siang tadi pos polisi di Wouma dibakar massa karena insiden penembakan terhadap Hubertus Mabel.
“Tadi siang, Hubertus Mabel, Anggota KNPB yang orang Kurulu ditembak oleh aparat karena diduga sebagai pelaku pengeboman di Wamena. Terus pos polisi di Wouma di bakar massa dan sekarang tembak menembak antara aparat dengan masyarakat yang juga memiliki senpi.” kata Vita.
Kabid Humas Polda Papua, AKBP I Gede Sumerta Jaya, S.Ik. saat dihubungi tabloidjubi.com membenarkan adanya penembakan yang terjadi di Wamena.
“Memang ada DPO kasus penyerangan Polsek Pirime yang dilumpuhkan. Kronologisnya menyusul sebentar.” jawab Kabidhumas Polda Papua. (Jubi/Benny Mawel)