Minggu, 24 Juni 2012

Bagaimana Indonesia Mengelola Papua?

Aksi protes rakyat Papua terhadap Indonesia. (Ist)

Papuareality --- Pengelolaan Papua oleh Indonesia lebih didominasi oleh peran militernya. Yakni membunuh dan menghabisi rakyat Papua. Demikian diungkapkan warga Papua dalam bentuk tangisan air mata ketika mengikuti pemakaman Tokoh Aktivis Papua, Mako Tabuni, pekan kemarin.
“Indonesia datang hanya menghabisi kita (orang Papua –red). Sampai kapan situasi ini akan berhenti?” demikian ungkapan tangisan ketika menghantar Jenasa Mako Tabuni ke tempat peristiratannya yang terkahir di salah satu lokasi pemakaman umum di Jayapura, Minggu (17/06/2012). Peristiwa penembakan Mako Tabuni oleh Militer Indonesia maupun ungkapan tangisan merupakan wujud pengelolaan Papua oleh Indonesia. Papua oleh Indonesia menyebabkan derita tangisan air mata dan darah  manusia Papua terus akan mengalir tanpa batas waktu. Seterusnya manusia Papua akan habis di muka bumi Papua.
Sebaliknya terkait pengelolaan Papua oleh Indonesia, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Indonesia, Djoko Suyanto mengatakan, pengiriman dan kehadiran pasukkan militer Indonesia di Papua, berharap menenangkan situasi Papua. “Situasi terakhir (Juni 2012) di Papua meski belum seperti kota mati, sehingga kami menghimbau agar masyarakat untuk tenang,” ungkapnya di Jakarta, Jumad (15/6/2012). Pakar Politik itu berrencana meredam kebenaran dan keadilan di Papua. “Jangan dianggap seolah-olah Papua menjadi daerah panas, serta peristiwa masa lalu jangan diungkit,” tegasnya kepada wartawan Indonesia.
Demikiankah solusi untuk Papua? Ia juga menyamakan aspirasi kemerdekaan Papua, serta kekerasan oleh Militer Indonesia sebagai tindakan kriminal sipil. Hingga kini, Juni 2012, Rakyat Papua menanti perhatian dunia Internasional. (Almer)