Rabu, 01 Mei 2013

1 Mei 2013: Bintang Kejora Berkibar 30 Menit di Timika

Bendera Bintang Kejora Berkibar di Timika, Rabu 1 Mei 2013 (Ist)
Bendera Nasional Papua Barat, Bintang kejora (bk)berkibar sekitar 30 menit sejak pukul 13.00 siang waktu Timika Papua, tepatnya di depan SD inpres Kwamki Baru, atau dekat lokasi pasar minggu Kwamki Baru, tidak jauh dari Kantor Polisi Sektor (Polsek) Mimika Baru, Rabu (1/5/2013).
Satu jam sebelumnya, seorang warga melaporkan, upaya pengibaran Bendera BK dilakukan sejak pukul 24.00 malam sebelumnya di lapangan Timika Indah. Namun usaha tersebut, gagal. warga melapor juga sebagai upaya mata-mata Indonesia terutama intelijen dan kaki tangannya mencari proyek, alias anggaran operasional lebih diturunkan oleh pemerintah dan PT Freeport Indonesia di Timika.
Kabar angin juga melaporkan, sekitar pukul 08.00 tadi juga sekelompok orang menaiki mobil avanza hitam sekaligus membawa BK, seperti yang dilaporkan salah seorang sopir taksi di Kota Timika. Separuh warga mengakui, pengibaran BK di Timika kali ini dinilai juga sebagai upaya TNI/POLRI untuk mencari proyek pengamanan. "Jadi saya menilai ini hanya upaya TNI/POLRI untuk mengorbankan warga Papua, lalu mereka (TNI/POLRI) mencari makan di situ," kata salah satu warga lokal di sana. Akibat peristiwa ini, sekitar 6 orang warga lokal Timika telah ditahan Markas Polisi Resort (Mapolres) Kabupaten Mimika. (Almer)