Senin, 26 November 2012

HR is Everyone's Business

Divisi Manpower Management & HRM Jakarta , PT Freeport Indonesia bekerjasama dengan GML Performance Consulting Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Human Resources bagi para Senior Manajemen Lapangan PTFI yang berlangsung di Lupa Lelah Club, Tembagapura selama 2 hari berturut-turut (31 Oktober - 01 November 2012).
Pelatihan tersebut dibuka oleh EVP Employee Development, Joko Basyuni, yang menyampaikan bahwa pelatihan ini diadakan untuk menambah wawasan para pemimpin senior di divisi operasi dalam hal pengetahuan sumberdaya manusia, agar lebih memahami konteks Human Resources Management dan kaitannya dengan peran dari Line Managers untuk meningkatkan produktifitas Sumber Daya Manusia (SDM) di tiap divisi secara optimal.
Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk lebih memahami fungsi HR di lapangan.Setelah pembukaan di hari pertama, Cahyo Winarto selaku Principal Consultant dari GML Asia memberikan materi mengenai HR roles dan kaitannya dengan Line Manajer roles, Manpower Planning, Recruitment dan Development. Di akhir sesi tersebut diharapkan agar peserta training dapat lebih berperan dalam mengelola timnya sehingga dapat menjamin ketersediaan SDM di tiap-tiap unit kerjanya secara tepat kuantitas dan tepat kualitas, mengembangkan kompetensi SDM, mempertahankan keberadaan SDM untuk betah bekerja, dan meningkatkan produktifitas SDM secara optimal. Satu pesan Cahyo Winarto pada sesi terakhir hari pertama adalah HR is EVERYONE's BUSINESS yang artinya tugas untuk melaksanakan fungsi-fungsi HR dengan baik merupakan tanggung jawab kita semua, bukan hanya tugas dari Divisi HR saja.

Pelatihan yang diikuti oleh 25 Senior Manajemen dari divisi-divisi Operation.Penjelasan mengenai Kepemimpinan, Penghargaan, Hubungan Industial dan Pemutusan Hubungan Kerja mengisi pelatihan hari kedua. Banyak pertanyaan menarik yang dilontarkan oleh peserta, salah satunya dari Ardhin Yuniar, Manager Grasberg Engineering, mengenai bagaimana cara mempertahankan Engineer yang berkualitas tinggi untuk tetap loyal pada perusahaan. Kemudian hal tersebut di jawab dengan penjelasan mengenai dua factor penting dalam mempertahankan keberadaan SDM yaitu faktor materi seperti pemberian sistem renumerasi yang menarik (gaji pokok, benefit, bonus, dsb) serta faktor non materi (karir, pengembangan, komunikasi, family day, dsb).
Pelatihan yang diikuti oleh 25 Senior Manajemen dari divisi-divisi Operation ditutup oleh Vice President Geo Services Wahyu Sunyoto, dan menyatakan bahwa pelatihan-pelatihan mengenai bagaimana cara pengelolaan sumber daya manusia dengan baik harus lebih sering diadakan untuk membekali para leader dalam memimpin divisi atau departemen nya masing-masing. Beliau juga menekankan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan sebagai pemimpin senior dari divisi Operation harus bisa menggabungkan ilmu Human Resources, Engineering dan Operational di lapangan sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktifitas yang ada seoptimal mungkin.
Para peserta memberikan masukan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk lebih memahami fungsi HR di lapangan, dan ini harus dilanjutkan ke semua Lini manajer agar mempunyai wawasan yang sama. (Photo: Novel Alfami dan Bashir Nurhuda; Text: Bashir Nurhuda). sumber: http://www.ptfi.com/news/eBK/gen_ebk.asp?ed=20121107.